10 Cara Mengatasi Socially Awkward dan Penjelasannya Lengkap

Cara Mengatasi Socially Awkward

Dalam sebuah pergaulan, ada orang yang canggung atau gugup saat bertemu orang lain yang disebut socially awkward. Cara mengatasi socially awkward ada berbagai cara meskipun penanganan masing-masing berbeda tergantung kebutuhan.

Bagaimana penjelasan tentang kepanikan atau kecanggungan yang muncul saat bergaul? Agar memahami, mengerti dan tahu cara menanganinya secara lengkap ketahui dulu apa itu awkward dalam tulisan ini.

Apa Itu Socially Awkward

Dalam bahasa Indonesia awkward adalah canggung atau sedikit panik. Sedangkan untuk mengetahui seberapa jauh seseorang mengalami kecanggungan ada socially awkward test.

Socially awkward adalah orang yang gugup dan canggung hingga panik saat berinteraksi dengan orang lain atau dalam keramaian. Bahkan kecanggungan muncul begitu saja walaupun terhadap orang yang sudah lama dikenal.

Memiliki perasaan canggung adalah sesuatu yang kadang menjengkelkan dan tidak mudah dalam pergaulan. Ketika canggung muncul membuat interaksi sosial sulit, memalukan bahkan menyakitkan.

Kecanggungan bisa juga muncul ketika bertemu pasangan atau pacar sehingga sangat tidak nyaman. Untuk menghilangkan canggung dapat dilakukan dengan banyak cara tapi tergantung dari masing-masing pribadi itu sendiri.

10 Cara Mengatasi Socially Awkward

Sebenarnya canggung atau socially awkward sering dialami banyak orang sehingga tidak perlu terlalu cemas ketika mengalaminya. Salah satu pemicunya adalah kurang rasa percaya diri, tapi itu bukanlah hal dasar yang tidak perlu jadi masalah.

Canggung bukanlah urusan karakter sehingga masih dapat diperbaiki. Rasa tersebut dapat dihilangkan dan jangan malah menjadi stres ketika berkumpul dengan orang lain.

Berikut beberapa cara mengatasi socially awkward yang jitu dan dapat langsung kamu praktekkan:

1. Selalu Ramah Kepada Orang Lain

Salah satu ciri socially awkward adalah menutup diri atau kurang ramah terhadap orang lain. Bersikap tidak peduli akan membuat orang lain tidak suka berada berdekatan dengan seorang yang canggung.

Salah satu Cara mengatasi socially awkward adalah dengan selalu bersikap ramah. Jangan terlalu dingin atau malah agresif karena tidak baik. Tetap patuhi etika dan ramah pada orang lain bukanlah hal yang sulit misalnya saja tersenyum pada saat tepat.

2. Bawa Teman

Apabila menghadiri suatu acara keramaian, ajak teman untuk menemani. Ketika suasana canggung muncul ada teman yang bisa diajak untuk bicara.

Keberadaan seorang teman mampu mengurangi rasa canggung atau minder yang muncul. Lagipula dari teman tersebut muncul obrolan-obrolan lain walau basi tapi dapat berlatih untuk menekan kecanggungan yang ada.

3. Menjadi Pendengar yang Baik

Berbicara dengan orang lain memang membutuhkan etika dan keberanian. Ingin melakukan basa basi sebentar saja tapi malah aneh dan menjadi canggung itu sudah hal biasa.

Untuk mengatasinya, saat bertemu dengan orang lain atau dalam keramaian mencobalah jadi pendengar yang baik. Tidak perlu banyak berkomentar tapi dengarkan dengan baik apa yang dibicarakan teman bicara.

4. Ingat Nama

Kenapa orang canggung sama kita salah satu penyebabnya tidak ingat nama. Namanya saja tidak ingat, bagaimana mau mengobrol dan memulai pembicaraan? Namun, rasa grogi dan canggung yang ada bukan masalah meskipun nama terlupa.

Sebagai pembelajaran bahwa mengingat nama sesuatu yang penting. Dari nama tersebut, orang mengetahui ada rasa peduli dan interaksi menjadi lebih menarik. Selain itu ingat nama menjadi salah satu cara menghormati orang lain dan sebaliknya.

5. Merasa Diperhatikan Padahal Biasa Saja

Cara mengatasi socially awkward berikutnya adalah jangan merasa diperhatikan banyak orang padahal tidak. Inilah yang membuat diri menjadi canggung, panik dan merasa malu untuk melebur dalam sebuah keramaian atau bersosialisasi dengan orang lain.

Semua hanya bayangan dan pikiran saja sehingga membuat semakin canggung saat berinteraksi. Canggung dan grogi hanya pemikiran sendiri, tidak ada sangkut pautnya dengan orang lain.

Menghilangkan perasaan ‘sok’ diperhatikan ini penting agar tidak panik sendiri dan malu sendiri.

6. Santai Saja Tak Perlu Panik

Kesalahan bisa saja terjadi pada saat yang tidak diinginkan. Melakukan kesalahan bukan berarti hal buruk pada dunia terjadi, jadi santai saja tidak perlu terlalu panik menghadapinya.

Bersikap santai tapi serius, tertawalah untuk menyikapi test humor dunia karena komedi menjadi vital pada kehidupan ini. Terlalu serius akan berdampak buruk pada kesehatan mental. Untuk itu hadapi apa yang terjadi, hal buruk sekalipun dengan tanpa canggung.

7. Jangan Takut Mencoba Kesempatan Kedua

Selalu ada kesempatan kedua artinya yang sudah berlalu biarlah berlalu. Tanamkan pada diri bahwa hari berikutnya akan lebih baik dari hari ini dan sebelumnya.

Jika ada kesalahan yang sudah berlalu segera melupakan dan jadikan pembelajaran untuk diri sendiri. Berpikir positif akan menciptakan hal baik, segera move on dan bergerak lebih cepat serta produktif.

8. Jangan Mudah Terpengaruh

Kecanggihan teknologi mengakibatkan berbagai berita populer dalam sekejap. Salah satu cara agar tidak awkward adalah tidak perlu terpengaruh dengan media sosial. Media sosial hanyalah dunia maya yang kehebohannya sesaat saja.

Alangkah lebih baik membuka, mengikuti dan memposting ke media sosial secukupnya dan jangan terlalu percaya dengan media. Bagaimanapun juga ada pengaruh yang muncul karena kadang isinya adalah opini publik.

Belum tentu kenyataannya seperti apa yang ada dalam media sosial, jadi mengapa terlalu dipusingkan? Ambil sisi positif untuk menjalin link dengan teman guna menekan kecanggungan dalam berinteraksi walau hanya lewat tulisan.

9. Berpetualang

Jenuh dengan kecanggungan bisa jadi karena kurang piknik. Mulailah berani mengatasi dengan cara yang tak biasa yaitu berpetualang. Berpetualang dalam banyak hal merupakan cara mengatasi socially awkward karena akan menemukan berbagai objek dan hal baru.

Menemukan teman baru, kenalan baru yang canggung pada awal perkenalan, bisa jadi menarik dan santai jika ada kecocokan. Petualangan seru menciptakan sesuatu yang segar dan hidup dalam diri pribadi seseorang.

10. Menjadi Diri Sendiri

Bukanlah hal mudah bagi seorang yang suka canggung untuk menjadi diri sendiri. Ciri yang muncul seperti rasa malu, takut, panik, grogi dan hal negatif lainnya memicu untuk cenderung kurang percaya diri. Namun semua bisa diubah karena bukan karakter yang permanen.

Caranya dengan percaya bahwa apa yang dimiliki oleh diri adalah terbaik yang dikasih oleh Sang Khalik. Tidak perlu bersikap palsu atau menjadi orang lain untuk menarik perhatian, tapi menjadi diri sendiri sangat lebih utama.

Penutup

Sebetulnya perasaan canggung atau awkward bukanlah karakter sehingga bisa diatasi lebih mudah. Untuk menekan rasa canggung yang muncul dapat dilakukan dengan banyak upaya.

Adapun cara mengatasi socially awkward salah satunya dengan menjadi diri sendiri. Selain itu berlaku ramah terhadap orang lain dan menilai apa yang terjadi secara

positif. Jadi kini kamu mulai tahu kan harus bersikap bagaimana? Semangat ya!

Posting Komentar untuk "10 Cara Mengatasi Socially Awkward dan Penjelasannya Lengkap"